Home Kabarmaya Tips dan Cara Memilih Durian Yang Matang Serta Manis

Tips dan Cara Memilih Durian Yang Matang Serta Manis

1601
0

Tips-dan-Cara-Memilih-Durian-Yang-Matang-Serta-Manis

Kabarmaya.com – Buah durian menjadi primadona di kala musim durian tiba. Dari kejauhan saja baunya sudah bisa menggoda orang untuk segera membelinya. Namun tahukan Anda bagaimana memilih durian yang matang dan manis? Karena kebanyakan dari konsumen kurang mengerti dan akhirnya merasa tertipu dengan pedagang nakal.

Pasti timbul kekecewaan ketika durian yang dibeli belum begitu matang apalagi tidak terasa manis. Untuk itu Anda perlu mengetahui tips dan cara memilih durian yang matang serta manis supaya Anda bisa menikmati durian dengan sempurna.

•    Perhatikan buah durian, jika tidak simetri berarti buah di dalamya tidaklah utuh atau ada yang busuk. Biasanya durian yang matang yang menggoda adalah durian yang terbelah di bagian bawah, namun hal tersebut justru akan membuat rasa dari durian hilang karena terkena udara dari luar.

•    Jika ingin mengetahui tebal tipisnya daging di dalam durian, coba lihatlah pada tangkainya. Tangkai yang tebal dan pendek menandakan buah di dalamnya juga tebal, begitu pula sebaliknya.

•    Untuk mengetahui durian masak pohon atau karbitan, bisa dilihat daru batang buah. Durian yang masak pohon akan mempunyai tangkai yang bergerigi dan sedikit terkelupas bagian bawahnya karena jatuh dari pohon.

•    Goyangkanlah durian untuk mengetahui mana yang baik. Pilih daging durian yang kering dan matang yang ditandai dengan getaran kecil saat digoyangkan.

•    Buah durian yang beratnya lebih ringan menandakan bahwa durian sudah kering dan siap dimakan. Karena jika masih mentah durian akan cenderung lebih berat dan tidak mengeluarkan suara saat digoyangkan.

•    Cium buah durian untuk mengenali bau durian yang telah matang. Aroma durian yang tajam akan muncul saat durian sudah matang secara sempurna.

Selamat mencoba dan semoga bermanfaat!

Loading...