Home Kabarmaya Cara Memilih Batu Akik Yang Bagus dan Berkualitas

Cara Memilih Batu Akik Yang Bagus dan Berkualitas

1326
0

Cara-Memilih-Batu-Akik-Yang-Bagus-dan-Berkualitas

Kabarmaya.com – Batu akih rupanya masih menjadi primadona di hati masyarakat Indonesia. Setelah beberapa waktu lalu gempar dengan penemuan batu giok raksasa, kini batu akik masih banyak diburu dengan harga yang fantastik.

Batu akik sendiri merupakan batu perhiasan yang bagus kualitasnya. Jangan sampai karena gandrungnya dengan batu akik jadi tidak memperhatikan bahan baku utama pembuatan perhiasan batu akik. Banyak jenis batu akik yang ditawarkan misalnya batu bacan, batu giok, kalimaya atau akik jenis lain.

Jika ingin mempunyai perhiasan batu akik yang benar-benar bagus dan berkualitas, ada beberapa cara yang bisa dilakukan. Karena kesalahan dalam mengenali batu akik akan mendatangkan kerugian dan kekecewaan.

– Jenis batu
Pelajarilah karakter dan jenis batu akik yang diminati. Dengan mengerti karakternya dengan mudah dan cepat bisa diketahui mana batu akik yang asli dan mana yang palsu (berkualitas jelek).

– Kekerasan Batu
Tingkat kekerasan batu akik sangat bervariasi. Semakin keras batu akik kualitas akan semakin bagus. Selayaknya intan dan permata, tingkat kekerasannya sangat tinggi.

– Pencahayaan
Kristal batu akik perlu diperiksa dengan pencahayaan. Biasanya sumber cahaya yang digunakan adalah sebuah senter. Semakin batu tertembus oleh cahaya kualitas batu akik semakin baik dan berharga mahal.

– Sertifikat
Tak kalah pentingnya adalah sertifikat keaslian batu akik yang hendak dijual. Sertifikat tersebut dikeluarkan oleh laboratorium gemologi untuk menghindarkan konsumen dari penipuan pedagang.

Perhatikan dan lakukanlah hal-hal di atas sebelum membeli batu akik agar tidak merasa kecewa setelah membelinya. Atau bisa tanyakan kepada orang yang mengerti batu akik yang diercaya untuk menemani membeli batu akik yang bagus dan berkualitas.

Loading...