Home Info Kesehatan Cara Diet Sehat Untuk Penderita Penyakit Jantung

Cara Diet Sehat Untuk Penderita Penyakit Jantung

1138
0

Kuatkan-Jantung-Dengan-Rajin-Konsumsi-Kacang-Tanah

Kabarmaya.com – Seseorang yang sudah divonis mengalami penyakit jantung seharusnya lebih membenahi pola hidup sehat yang bermanfaat bagi jantungnya. Misalnya saja mengkonsumsi makanan yang rendah kolesterol, mengendalikan tekanan darah, mengatur gula darah, dan menstabilkan berat badan.

Dr. Elia Indrianingsih, SpGK dari Medical Nutrition Advisor PT Quaker Indonesia memaparkan jika salah satu diet sehat yang mestinya dilakukan oleh penderita penyakit jantung adalah dengan mengonsumsi makanan yang rendah lemak jenuh dan lemak trans secara rutin.

“Tidak lupa juga rendah kolesterol, kaya omega-3, serta kaya akan serat pangan termasuk serat larut beta glucan,” papar Dr. Elia.

Di dalam oat misalnya, oat banyak mengandung nutrisi dari larut Beta Glucen. Dari hasil riset beberapa tahun terakhir ini membuktikan dengan mengonsumsi 3 gram Beta Glucan setiap hari bisa membantu kadar kolesterol dalam darah menurun. Dengan kata lain akan membuat penderita penyakit jantung tidak akan sering mengalami serangan.

“Serat Beta Glucan juga dapat membantu mengatur kadar gula darah. Selain oat, sumber-sumber lain dari serat larut ini adalah kacang-kacangan dan kacang polong kering, psyllium, apel, jeruk, pir, stroberi, blueberry, bijirami, mentimun, seledri, dan wortel,” kata Dr. Elia.

Orang yang terkena penyakit jantung pasti sulit untuk melakukan olahraga yang berat. Tidak perlu olahraga yang berat, pola hidup sehat juga bisa didapatkan dari olahraga ringan namun harus dilakukan rutin setiap harinya.

Baca juga:

Sehatkan Jantung Dengan 5 Buah Ini!

Waspada Bayi Membiru Saat Menangis, Kemungkinan Kelainan Jantung

Kuatkan Jantung Dengan Rajin Konsumsi Kacang Tanah

Obati Diabetes Dengan Cara Herbal Menggunakan Biji Rambutan

Diet Golongan Darah, Cara Jitu Dapatkan Tubuh Proporsional

Loading...